9 Desember 2023

Cara Mendaftar Online di Sardjito Bpjs

cara-mendaftar-online-sardjito-bpjs

Gini lho cara mendaftar online di Sardjito untuk BPJS. Beberapa waktu lalu, aku sempat dapat rujukan BPJS dari rumah sakit di Wonogiri ke Sardjito. Akhirnya iseng-iseng nyari info dan daftar periksa dokter Sardjito dilayani secara online melalui aplikasi Klik Sardjito. Mengingat aku dah punya kartu peserta RSUP Sardjito, aku bisa daftar online di aplikasi tanpa harus ke rumah sakit dulu.  Aplikasi ini juga bisa untuk pasien baru, ya. 

Cara Mendaftar Online di Sardjito untuk BPJS 

Bagaimana sih cara mendaftar online di Sardjito? Ikuti langkah mudahnya di bawah ini. 

1. Download Aplikasi Klik Sardjito 

Download aplikasi Klik Sardjito terlebih dahulu yaitu di App Store dan Play Store

2. Melakukan Pendaftaran Pasien

cara-mendaftar-online-di-klik-sardjito

Buka aplikasi Klik Sardjito dan login ke akunmu. Kalau sudah, lalu pilih "Pendaftaran Online". Nanti bakal ada 4 pilihan menu. Kalau sudah tahu jadwal dokter, pilih "Pendaftaran Pasien". Kalau belum tahu jadwal dokter, klik "Lihat Jadwal Dokter". 

3. Pilih Menu Pendaftaran Pasien Sardjito

menu-pendaftaran-pasien-sardjito


Setelah memilih "Pendaftaran Pasien", Kamu bakal diarahkan ke laman "Reservasi Rawat Jalan RSUP Dr. Sardjito".  Ada tiga pilihan submenu, yaitu 

  • Pendaftaran Pasien: Jika kamu sudah mengetahui nama dokter dan jadwal dokter yang akan dikunjungi. 
  • Check In/Bukti Check In: Cara check in online. 
  • Lihat Jadwal Dokter: Untuk melihat daftar jadwal dokter Sardjito. 
  • Cek Reservasi: Untuk mengecek reservasi kamu. 
Cek dulu Jadwal Dokter untuk memilih dokter yang dituju. Kalau BPJS, pastikan pilihan dokter sesuai dengan poli rujukan, ya. Misalnya, aku dirujuk ke poli mata, maka cari dokter spesialis mata. Namun, kalau kamu sudah tahu nama dan jadwal dokter, langsung pilih "Pendaftaran Pasien". 
 

4. Melakukan Pendaftaran Online 

 
ketentuan-umum-pendaftaran-online-sardjito

Klik "Pendaftaran Pasien".  Kamu bakal diarahkan ke laman "Ketentuan Umum Pendaftaran Online". Setelah dibaca, centang "Saya setuju dengan ketentuan di atas". Klik "Lanjut Reservasi. 

5. Mengisi Form Data Pasien

mengisi-form-pendaftaran-pasien

Kamu akan diarahkan ke form "Data Pasien". Silakan centang status pasien apakah pasien lama atau baru. Pasien lama cukup memasukkan No. RM dan Tanggal Lahir dengan format hari/bulan/tahun. Misalnya, kamu lahir pada 12 September 1998. Silakan isi 12091998. 

Kalau pasien baru akan diarahkan untuk mengisi data diri, seperti nama, no KTP, anggota keluarga, dan lainnya. 

6. Mengisi Data Cara Bayar 

mengisi-cara-bayar-rawat-jalan-sardjito


Silakan memilih jenis konsultasi apakah datang langsung atau telekonsultasi. Setelah itu, ada tiga opsi yang harus kamu isi. 
  • Cara bayar: pilih cara pembayaran apakah umum (bayar sendiri) atau memakai jaminan (BPJS/asuransi). Pilihannya yaitu, Umum, Fasilitas, Jaminan Masyarakat, Ikatan Kerja sama, dll. Pastikan kamu memilih cara bayar sesuai dengan benar. Kalau BPJS, pilih "Jaminan Masyarakat".
  • Jenis Cara Bayar: Pilih jenis jaminan masyarakat yang kamu miliki. Pilihannya: GF, GF-TB, JKN, Jamkesda, Jamkesos, dan Jampersal. Untuk BPJS, pilih JKN. 
  • Paket Jaminan: Pilih paket jaminanmu. Kalau sudah memilih JKN, pilihanmu adalah  JKN Non PBI (iuran mandiri) dan JKN PBI (dibayar pemerintah).
Lalu, masukkan No. Peserta/NIK BPJS dan No. Rujukan. Setelah itu, tekan "Lanjut". 

Pastikan nomor rujukan dan data pribadi sudah benar untuk melanjutkan ke proses pendaftaran online, seperti memilih tanggal kunjungan, poli, dan dokter. Kalau sudah lakukan reservasi dan klik pilihan cetak nomor reservasi.  Dengan begini, kamu tinggal datang aja ke Sardjito. 

Cara Check In Sardjito di Mesin APM 

cara-check-in-mesin-apm-sardjito

Kalau udah reservasi online lewat Klik Sardjito, kamu tinggal dateng ke rumah sakit dan cetak nomor antrean secara mandiri. Jadi, kamu nggak perlu antre sampe berjam-jam untuk dapet nomor antrean. Ikuti langkah-langkah check in Sardjito di Mesin APM di bawah ini. 

1. Cari Mesin APM 

mesin-apm-sardjito-untuk-bpjs


Pastikan kamu datang ke gedung rawat jalan terlebih dahulu. Lalu, cari mesin Anjungan Pendaftaran Mandiri. Bentuk mesinnya seperti contoh di atas. Untuk pasien BPJS, mesin APM warna orange. Sementara itu, pasien mandiri/umum, gunakan mesih APM warna kuning. Lokasinya tersebar hampir di semua lantai. Kalau bingung, cetak di lantai 1 dekat eskalator. 


2. Masukkan Kode Pendaftaran Online/No.RM

cetak-nomor-pendaftaran-apm-sardjito

Masukkan kode pendaftaran Online atau no.RM kamu. Kalau sudah, klik "Ok". Nanti akau muncul data reservasi kamu. Kalau sudah benar. Kamu langsung klik "Cetak". Tunggu beberapa saat, kamu sudah berhasil check ini dan nomor antrean sudah berhasil dicetak. 

3. Datang ke Poli

Setelah itu, kamu bisa langsung ke poli tujuan. Serahkan nomor antrean ke staf yang bertugas karena kamu akan diminta untuk tensi terlebih dahulu. 

Ini aja ya proses mendaftar online di Sardjito. Gampang banget kok kalau udah terbiasa. Saat awal mungkin terkesan rempong banget karena Sardjito emang segede itu. Jadi, gak heran kalau banyak yang bingung. Kalau ada pertanyaan lain, tinggalin aja komentar di kolom komentar, ya. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar